Wisata Religi Setono Gedong

Bagi umat Muslim Di Kota Tahu kediri Sudah tidak asing lagi dengan Masjid Setono gedong, Apa yang menjadi keistimewaan masjid ini dibanding masjid yang lain hingga tiap malam jum'at banyak dikunjungi oleh ratusan warga sekitar, bahkan tidak sedikit yang datang dari luar kota kediri. Berikut akan saya ceritakan sedikit tentang sejarah singkat masjid setono gedong kediri, yang saya dapatkan dari Nara Sumber:

1. Bpk.H. Muhajir (Ketua Takmir)
2. Bpk.Sanusi (Juru Da’wah)
3. Bpk Hj. Sofiyah (Imam)
4. Bpk. Adnan (Bendahara)
5. Bpk. Mansyur ( Sekretaris)
6. Bpk. Jaiz (Penajaga Masjid)


Asal mula Desa Setono Gedong perlu kami ketahui bahwa desa Setono Gedang ada beberapa cerita menurut ketua takmir Setono Gedong tanah Kediri. Pertama kali yang menemukan adalah Waliyullah, Syah Sulaiman Syamsudin al-Wasil (Mbah Wasil)

Mbah Wasil adalah orang arab dari Mekah. Pada waktu itu ia akan dijadikan pemimpin negara setempat, tetapi beliau menolaknya, sebab ia lebih cinta pada Allah SWT. Lalu ia mengasingkan diri atau hijrah ke Indonesia, tepatnya di Kediri Desa Setono Gedong.

Alhamdulillah selamat dan menetap di desa Setono Gedong. Bepuluh-puluh tahun dan pada waktu itu Kediri masih hutan belantara. Mbah Wasil punya pengikt-pengikut atau santri-santri yang kesehariannya diajak mengaji bersama.

Dalam kisahnya, Mbah wasil hendak membangun masjid dalam waktu satu malam, tetapi disaat dini hari terdengar suara wanita yang memukul lesung menumbuk padi. Dan rencana Mbah wasil urung terselesaikan. Hasilnya adalh hanya pondasi yang sampai saat ini masih ada.

Kurang lebih tahun 1897 masjid yang belum jadi itu pernah dijadikan tempat ibadah penduduk setempat. Dan pada tahun 1967 oleh takmir, depannya masjid dibangun masjid yang diberi nama Masjid Aulia’ Setono Gedong.

Konon saat penggalian pondasi masjid Aulia’ ditemukan menara berukir relief Garuda, dan ternyata gambar tersebut akhirya menjadi lambang negara kita.

Pada tahun 1967 takmir mensertifikatkan tanah negara tersebut untuk wakaf masjid hingga sekarang.

Nach sekarang tahu khan keistimewaan masjid ini ? Masjid Setono Gedong Terletak di tengah pusat Kota Tahu kediri, Gerbang masuk komplek masjid melalui Jl. Doho yang perupakan pusat perbelanjaan di kota kediri, dan masjid merupakan masjid yang bersejarah serta di komplek masjid terdapat makam Syeh Sulaiman Syamsudin al-Wasil, Tiap malam jum'at pasti ramai dikunjungi umat islam sekitar untuk mengikuti pengajian rutin sekaligus berziarah ke makam Syeh Sulaiman Syamsudin al-Wasil ( Mbah Wasil )



Masjid Setono Gedong

Masjid Setono Gedong

Masjid Setono Gedong

Baca Juga Artikel menarik di bawah ini :

0 comments to "Wisata Religi Setono Gedong"

Post a Comment

Donasi buat KotaTahuku

Merasa Blog ini bermanfaat ? Dukung blog ini dengan sedikit donasi dari anda..

Mungkin Yang Anda Cari

Avail Bisnis

Obrolan Santai


RecycleBlog