Sambel Tumpang Kediri

Sambel Tumpang, Mungkin bagi orang-orang yang berdomisili di kediri dan sekitarnya sudah tidak asing lagi dengan sambel tumpang. Makanan ini juga merupakan salah satu makanan khas dari kediri (Karisidenan Kediri) Entah dulu yang buat itu orang kediri bagian mana, aq juga belum tahu. Makanan ini ngetop di Jawa Timur (Kediri, Kertosono, dsk bahkan sampai Surabaya). Dimakan dengan nasi pecel. Jadi sambel tumpangnya disiram di atas nasi pecel gitu. Kalau saya sih karena penggemar berat sambel tumpang, biasanya saya makan begitu saja sama nasi...slurrp...! Tanpa pecel pun jadi.

Bila kita berkunjung ke Kediri, Blitar, Tulung agung, Kertosono dan sekitarnya tiap warung yang menjual menu nasi pecel pasti ada sambel tumpangnya juga, dan ini hanya ada di kediri, kita tidak akan menemukan sambel tumpang bila sudah keluar dari karisidenan kediri, contohnya malang, kita tidak akan menjumpai sambel tumpang, padahal ada salah satu kabupaten malang yang namanya TUMPANG, tapi tetep aja orang Tumpang tidak tahu apa itu sambel tumpang.

Berikut ini saya berikan resep cara membuat sambel tumpang dari emak saya....

Bahan :
1.Tempe segar
2.Tempe bosok (busuk)
3.Lengkuas
4.Daun Salam
5.Santan
6.Air secukupnya (sesuai selera)

Bumbu halus:
1.Bw putih
2.Cabe rawit/Cabe merah
3.Ketumbar
4.Kencur
5.Daun jeruk
6.Garam
7.Sedikit gula jika suka

Cara Masak :
1. Haluskan kedua jenis tempe (Jowo:Diulek).
2. Masak tempe halus bersama semua bumbu, kecuali santan, hingga mendidih. Masak terus hingga beberapa saat hingga bumbu meresap.
3. Masukkan santan, rebus kembali hingga mendidih. Angkat.

Bagaimana ? Bisa gak kira2 buat sendiri? Kalo aq mending ke warung aja, Bingung nich diterangin manyokap cara buatnya.....Tapi Harus diacungin jempol buat orang Kota Tahu Kediri yang benar2 Keratif, Gimana gak kreatif, tempe yang udah busuk aja masih dimasak, Halal, Dan Lezat....:jempol:

Baca Juga Artikel menarik di bawah ini :

2 comments to "Sambel Tumpang Kediri"

  • kl resep yang ini nich, mama sering buat di rumah he.., abiznya ga nemu sich di tangerang he..

  • Kayaknya akan lebih sedep lagi deh kalu ditambahin udang kering alias ebi. Cuz emak q kalu numpang pasti dikasi si ebi itu. Kalu enggak,kyaknya kurang maknyuz gt. N sambel tmpang tu gk asal bikin lgsg enak. Kuncinya ada pd tempe bonyoknya. Hrus dpilih yg bner2 sdep bget biar tercipta aroma n rasa yg ehmmmhm..mantabbs!! Jgn ampe slah plih b0nyoknya c0z bsa2 jd brantakan + gk karuan rasanya. Terakhir, jgn lpa bubuhin brambang goreng setelah dientas dri perapian cz itu kunci sdep pnutupnya. Jgn lupa jg ma kulup2annya/sayuran2 rebuz. Bs kangkung,capar,kcng pnjang dsb..Met mencoba...

Post a Comment

Donasi buat KotaTahuku

Merasa Blog ini bermanfaat ? Dukung blog ini dengan sedikit donasi dari anda..

Mungkin Yang Anda Cari

Avail Bisnis

Obrolan Santai


RecycleBlog