Wisata Industri Gudang Garam Kediri

Siapa sih yang belum pernah dengar nama Gudang Garam ? Mungkin semua orang indonesia juga pernah dengar nama tersebut, meskipun sebagian besar belum pernah melihat ataupun mengetahui dimana dana bagaimana nama itu bisa ada. saya akan coba ceritakan ulang sejarah berdirinya pabrik :rokok: Rokok Gudang Garam. Sejaranh ini saya kutip dan diterjemahkan dari official site PT Gudang Garam Tbk yang berbahasa inggris.

Pada tanggal 26 Juni 1958, Bapak Surya Wonowidjojo memulai usaha sebagai 'home industri' menjual produk rokok Kretek di bawah merek Gudang Garam. Menggunakan alat tradisional, perusahaan yang awalnya disewa sekitar 50 orang hanya untuk membuat awal produksi Rokok Kretek Klobot (SKL), rokok Kretek menggunakan kulit kering jagung sebagai pembungkus rokok dan Hand Made Cigarette (SKT) pada pabrik yang berlokasi di sewa tanah 1000m2 di Jalan semampir II / I di Kediri, Jawa Timur. Di tahun 1959 Gudang Garam berhasil memproduksi sekitar 50 juta rokok yang mulanya dijual langsung di daerah Kediri.


And here is the rest of it
Dalam waktu 10 tahun popularitas merek Gudang Garam yang dipimpin pendirinya mulai mempertimbangkan untuk ekspansi. Di tahun 1969, perusahaan berubah statusnya dari milik tunggal menjadi formal kemitraan. Bank Negara Indonesia (BNI) sebagai mitra keuangan memberikan bantuan modal, pertama dalam jutaan rupiah dan kemudian dalam miliar sebagai perusahaan berkembang.

Pada tahun 1971, status perusahaan menjadi Perseroan Terbatas (PT) dan mendapatkan fasilitas Penanaman Modal Dalam Negeri. PT Gudang Garam menjadi lebih maju dalam hal kualitas produksi, manajemen dan teknologi. Kemudian, pada 1979, PT Gudang Garam mulai memproduksi Rokok menggunakan mesin (SKM). Produksi Rokok Menggunakan mesin tidak mempengaruhi prinsip kerja intensif, bahkan lebih memberikan kesempatan kerja. Karena Produksi rokok yang menggunakan tangan tetap dijalankan

Bapak Surya Wonowidjojo, wafat pada tahun 1985. Dia meninggalkan kenangan indah kepada seluruh karyawan PT Gudang Garam. Saat ini, industri rokok yang telah menjadi lebih kompetitif yang menyebabkan perusahaan untuk bekerja keras untuk mempertahankan pertumbuhan dan para karyawan kesejahteraan tujuan Bapak Surya Wonowidjojo.


Hingga saat ini PT Gudang Garam memiliki Total Kurang lebih 40.000 Karyawan. pada kawasan idustri ini dilengkapi dengan jalur hijau dan taman-taman serta lapangan golf yang selain berfungsi sebagai kawasan konservasi/hutan kota juga sebagai kegiatan rekreasi untuk umum.Yang sekarang sedang diselesaikan pembangunannya adalah Kebun Binatang Mini di dekat kawasan Golf.

Baca Juga Artikel menarik di bawah ini :

0 comments to "Wisata Industri Gudang Garam Kediri"

Post a Comment

Donasi buat KotaTahuku

Merasa Blog ini bermanfaat ? Dukung blog ini dengan sedikit donasi dari anda..

Mungkin Yang Anda Cari

Avail Bisnis

Obrolan Santai


RecycleBlog