Stik Tahu Kediri

Kediri memang terkenal dengan produk tahu Takwa. Namun karena tahu tak mudah dibawa sebagai oleh-oleh dan kurang tahan lama, maka diadakan Modifikasi dari tahu tersebut ( koq kaya' otomotif aja yachh, pake di modifikasi). Dari hasil modif tersebut Yang paling khas adalah stik tahu. Produk ini banyak ditemukan di berbagai toko oleh-oleh. Namun lebih sip jika kita dapat langsung membeli pada produsennya. Salah satu merk yang cukup banyak beredar adalah stik tahu UD Pamenang. Lokasinya ada di RT 01 RW 02 Desa Toyoresmi, Kec Gampengrejo.

Umumnya pembuat Stik Tahu berawal dari produsen Tahu. Begitu pula usaha milik pasangan Bpk Gatot Siswanto (35) Ny Dewi Purwasih (29) ini. Mereka sudah membuat tahu sejak tahun 80-an. Produknya tahu sayur dan Tahu Takwa. Tahu sayur adalah tahu biasa berwarna putih. Sedangkan tahu takwa diberi warna kuning dengan merebusnya dalam air kunyit.


Proses pembuatan tahu dan stik tahu agak mirip. Bedanya dimulai sejak press (penekanan) tahu. Caranya, Seperti Yang sudah saya bahas di artikel Tahu Takwa Kediri. Sedangkan untuk Stik Tahu, proses Pemerasannya mencapai 3 jam. "Jadi airnya diperas lebih banyak hingga tahunya agak pipih,".

Tahu pipih ini lalu diiris memanjang dan dijemur selama 3 hari jika cuaca bagus. Saat musim hujan. terpaksa Harus menggunakan mengoven hingga kering. Stik dianggap kering jika telah menyusut, keras dan mengeluarkan minyak. Jika dipatahkan, didalamnya pun telah padat. Setelah itu digoreng hingga matang dan renyah. Stik tahu pun siap disantap atau dijual. Rasanya mirip kerupuk berbahan tahu. Gurih dan renyah.:jempol::jempol:

Stik Tahu umumnya dalam kemasan plastik seberat 1 ons. Di toko atau pasar, harganya bisa mencapai Rp 5-6 ribu per bungkus. Selain itu juga ada kemasan kecil yang dijual Rp 500 - Rp 1.000 per bungkus. Untuk para pedagang yang hendak mengemas ulang, Stik Tahu dijual dalam ukuran karung plastik. Stik tahu ini bisa bertahan hingga 5 bulan jika disimpan dalam kondisi baik dan tertutup rapat.

Baca Juga Artikel menarik di bawah ini :

3 comments to "Stik Tahu Kediri"

Post a Comment

Avail Online distributor kediri

Donasi buat KotaTahuku

Merasa Blog ini bermanfaat ? Dukung blog ini dengan sedikit donasi dari anda..

Mungkin Yang Anda Cari

Avail Bisnis

Obrolan Santai


RecycleBlog