Gethuk Pisang

Selain tahu takwa Kediri jyga mempunyai makanan atau lebih tepatnya jajanan khas yaitu gethuk gedhang / gethuk pisang. Sebenernya masih banyak makanan khas lainnya seperti Sambel Tumpang, Stik Tahu, Krupuk Upil. Tadinya sich aku mau posting Sambel tumpang, cuman tadi belum sempat tanya resepnya ama Emak :cape:.

Meskipun tak setenar saudara tuanya tahu takwa yang sudah terkenal lebih dulu gethuk pisang tetap menjadi makanan khas Kota Kediri. :baca: Konon cerita, gethuk pisang ini sudah ada sejak jaman kerajaan Kadiri. Saking enaknya, gethuk pisang ini menjadi makanan favorit Dewi Sekartaji. Bahkan konon karena rasa yang begitu enaknya, sampai-sampai para dewa sampai rela turun ke bumi untuk mencari Gethuk pisang buatan rakyat kerajaan Kadiri. Entah benar atau tidak cerita itu, namanya juga legenda. Lagian waktu itu aku juga belum lahir..:donal:


Sesuai namanya, gethuk pisang dibuat dari buah pisang. Bentuknya bulat panjang, sekitar 15 sentime-ter, dan ber-warna merah kecoklatan. Kemasannya biasa dibungkus dengan daun pisang. Gethuk pisang dibuat khusus dari pisang Raja Nangka. Raja Nangka pilih karena punya aroma dan rasa yang khas manis asam. Rasa manis asam inilah yang membuat rasa gethuk pisang men-jadi khas asam manis tanpa gula. Pisang Raja Nangka pilih yang setengah matang dikupas kulitnya, setelah itu dikukus hingga beberapa jam hingga warnanya berubah kemerahan. Pisang yang sudah berubah warnanya lalu ditumbuk sampai halus lalu dibungkus dengan daun pisang. Proses itu dilakukan selagi pisang masih panas sehingga menghasilkan warna dan rasa yang khas. Tanpa tambahan zat apa-pun tidak juga gula maupun bahan pengawet. Ini juga mungkin yang menyebabkan gethuk pisang tidak bertahan lama, hanya dua hari pada suhu kamar dan sekitar empat hari pada lemari pendingin.

Bagi yang ingin mencoba silahkan mampir ke diri, tidak sulit untuk mene-mukan Tahu takwa dan gethuk pisang di Kota Kediri, karena hampir di semua toko yang menjual makanan khas Kediri selalu ada Tahu takwa dan Si gethuk pisang di sana. Berderet-deret toko makanan khas Kota Kediri terutama di sepanjang jalan Yos Sudarso dan di sepanjang Jalan Patimura. Gethuk Pisang kebanyakan dibuat oleh home industri yang ada di Kediri selain membuat tahu kuning.
Coba dech Pokoknya :jempol:

Baca Juga Artikel menarik di bawah ini :

0 comments to "Gethuk Pisang"

Post a Comment

Avail Online distributor kediri

Donasi buat KotaTahuku

Merasa Blog ini bermanfaat ? Dukung blog ini dengan sedikit donasi dari anda..

Mungkin Yang Anda Cari

Avail Bisnis

Obrolan Santai


RecycleBlog