Download Mp3 Menggunakan Mirc

Anda gemar ndengerin lagu? So pasti donk. Kata orang, dengan musik hidup menjadi lebih indah . Lalu dimanakah sumber download mp3 yang lengkap dan gratis. Itulah permasalahan yang paling umum. Beberapa situs seperti Multiply.com dan MissHacker.com memang bisa menjadi pilihan. Namun faktor lain (kelengkapan dan keaslian) bisa menjadi alasan kenapa saya tidak memilihnya. Well, download mp3 via mIRC bisa menjadi pilihan yang sangat saya sarankan. Kenapa? Koleksinya lengkap, nggak bertele-tele (nggak perlu registrasi yang njlimet maksudnya) dan yang jelas gratis…tis…tis…. Nggak nyangka ya, ternyata program chatting kayak mIRC bisa buat download lagu/musik (nggak cuma mp3 doank loh) gratis. Nggak percaya? Coba saja! Nggak terlalu susah kok caranya.

Oke, langsung aja. Silakan buka mIRC Anda. Isikan data seperti biasanya (nama, nickname, email dll). Untuk servernya, isikan dengan irc.theoneserv.net atau irc.efnet.info(server ini sudah tersedia secara default). Klo Anda tidak tahu bagaimana mengisi server yang baru. Abaikan saja untuk sementara. Saya akan ajarkan kepada Anda bagaimana menggunakannya pada konsole mIRC.
Silakan buka window ‘mIRC Options’, pada bagian ‘Sounds’ -> ‘Request’. Buang centang untuk “Send ‘!nick file’ as private message”. Pada ‘Sound Folders’ tentukan folder untuk menyimpan hasil download (biasanya saya taruh di partisi untuk data).

Menyetting request file

Setelah itu, pada opsi ‘DCC -> Folders’, tentukan folder untuk menyimpan hasil download. Pada contoh di atas, untuk yang ‘default’ saya taruh di drive D:. Sebaiknya untuk yang lain dihapus saja, supaya semua file yang akan didownload tersimpan dalam satu folder.

Menentukan folder tempat menyimpan hasil download

Langkah selanjutnya, pada opsi ‘DCC -> Ignore’, kita harus menentukan file2 apa saja boleh kita terima. Jika kita tidak menentukan terlebih dahulu, maka ketika server sudah memberikan file yang akan kita download, akan langsung direject oleh mIRC. Di sini kita hanya perlu memasukkan ekstensinya saja. Jika ekstensi mp3 belum masuk, Anda harus menambahkannya. Penulisannya menggunakan format ‘*.[ekstensi]‘ (tanpa tanda kutip), contoh untuk file mp3 -> ‘*.mp3′. Setidaknya Anda perlu menambahkan 2 tipe file, yaitu mp3 (*.mp3) dan file teks (*.txt) pada field ‘File Type’.


Menentukan tipe file yang boleh akan didownload

Sampai di sini pengaturan opsi sudah selesai. Silakan klik tombol ‘OK’, jangan diconnect dulu. Langkah selanjutnya, kita perlu menghubungkan ke server irc.theoneserv.net. Untuk itu ketikkan ‘/server irc.theoneserv.net’ (tanpa tanda kutip) pada konsol mIRC.

Menghubungi server TheOneServ.net

Setelah terhubung, defaultnya akan terhubung ke channel #theone dan #lounge. Untuk langsung melakukan pencarian, langsung aja ke channel #theone. Sebelum saya menjelaskan lebih lanjut, silakan amati gambar berikut:

Penjelasan singkat mIRC

Ringkasnya, yang melayani permintaan/request lagu adalah operator yang sedang aktif. Berikut ini adalah perintah2 yang ada:



  1. @find atau @locator

    Perintah ini digunakan untuk mencari file, diikuti dengan keyword yang kita masukkan. Misalkan saja pada contoh di atas saya sedang mencari musik Linkin Park, maka saya mengetikkan @find linkin park


  2. @[nama operator]

    Perintah ini digunakan untuk meminta/mendownload daftar/list file yang dimiliki oleh sang operator. Jadi untuk mencari file, kita tidak perlu mengetikkan perintah @find lagi, melainkan kita hanya perlu mencarinya pada daftar list file yang telah kita download. File list tersebut berformat teks (*.txt), oleh karena itu kita harus memasukkan ekstensi *.txt pada opsi ‘DCC -> Ignore’. Contoh: untuk mendapatkan file list yang dimiliki operator yang bernama olakisat, maka kita ketikkan @olakisat

  3. @[nama operator]-stats

    Perintah ini digunakan untuk mendapatkan info seorang operator. Info tersebut antara lain berapa banyak file yang si operator punya, berapa banyak file yang mampu si operator layani/transfer kepada si peminta dalam waktu yang bersamaan, berapa banyak antrian dll.


Sampai di sini saya harap Anda paham dengan penjelasan singkat saya. Selanjutnya silakan perhatikan contoh yang saya berikan. Di sini saya mencoba untuk mencari musik Linkin Park, maka saya ketikkan @find Linkin Park pada konsol channel #theone. Jika file yang saya cari ada, maka operator aktif yang mempunyai mp3 Linkin Park akan memberi tahu saya ke jendela baru.


Hasil pencarian

Pada contoh di atas, operator olakisat memberikan file mp3 Linkin Park yang dia punya. Selanjutnya, kita akan melakukan request file dengan menyalin nama filenya, formatnya ‘![nama operator] [nama file]‘, contoh di atas !olakisat Linkin Park - Meteora 01 - Foreword.mp3. Untuk menyalinnya, cukup kita blok saja. Jangan kuatir klo nggak sempet neken tombol ctrl+c, ketika teks pada window mIRC terblok, maka akan otomatis tercopy. Setelah tercopy, paste pada channel #theone (dengan menekan ctrl+v). Jika request kita diterima, maka operator yang kita minta akan mengeluarkan info pada channel #theone seperti gambar di bawah.

Status request dari operator

Dari gambar di atas, operator olakisat telah menerima request kita dan menempatkan pada antrian no. 1 (beruntung banget nih). Saya juga diberi kesempatan 10 file request (sudah terisi satu). Jika ‘Allowed’ sudah penuh (sudah mencapai 10 request), maka operator olakisat akan menolak/reject request kita. Untuk menerima file yang kita minta, kita harus menunggu dulu sampai diprompt klo ada yang mau mengirimi kita file seperti gambar di bawah



Operator siap mengirim file yang kita minta

Jawab saja dengan OK, bila tidak ingin menerima lagi, buang saja centang untuk ‘Always show this warning’. Setelah itu Anda akan ditanya, dimana tempat menaruh file tersebut, setelah itu tekan tombol ‘accept’.

Dialog proses download

Jika Anda bosan mencari dengan mengetikkan perintah @find atau @locator, ada baiknya kita download saja list file yang dipunyai si operator. Seperti contoh di atas, saya meminta file list punya operator olakisat, maka saya ketikkan @olakisat pada channel #theone. Jika request kita diterima, maka akan muncul info seperti ini


Operator menerima request daftar file yang dia punya

Ada baiknya juga, sebelum kita melakukan request file, sebaiknya kita mengecek dulu status dari operator yang akan kita request seperti perintah no. 3. Seperti contoh diatas, sebelum saya merequest file musik Linkin Park ke operator olakisat, maka saya ketikkan perintah @olakisat-stats pada channel #theone. Balasannya ada pada window olakisat (bukan pada window channel #theone) seperti berikut

Info status operator

Slot artinya banyaknya file yang sedang ditransfer operator. Contoh di atas berarti operator olakisat sedang menransfer 8 file secara bersamaan dari total maksimal 10 file yang mampu dia tangani. ‘File in queue’ berarti file yang sedang dalam antrian karena slotnya sedang penuh. ‘Allowed’ berarti jatah request yang boleh kita lakukan ke operator. Contoh di atas berarti saya punya jatah 10 request ke operator olakisat. Jika jatah request saya sudah penuh, maka saya harus menunggu salah satu request saya selesai terdownload dulu baru request lagi. Kesimpulannya, sebelum melakukan request, carilah operator yang mempunyai slot kosong, atau setidak-tidaknya yang mempunyai ‘file in queue’ paling sedikit.

Oke, sampai di sini penjelasannya. Selama ini berdasarkan pengalaman saya, download via mIRC mempunyai kelemahan, jika download terputus ditengah jalan, nggak bisa diresume. Selain itu belum ada download manager untuk protokol IRC. Enaknya, koleksi yang disediakan banyak sekali. Jadi lebih enak mencari di satu tempat daripada mencari di google.

Jika ada yang masih ingin Anda tanyakan, ato Anda punya saran yang lebih bagus ato mungkin ada kesalahan penulisan, silakan kasih komentar. Saya akan sangat senang dengan partisipasi Anda. Terima kasih sudah membaca artikel saya, selamat mencoba :good:



Baca Juga Artikel menarik di bawah ini :

1 comments to "Download Mp3 Menggunakan Mirc"

Post a Comment

Avail Online distributor kediri

Donasi buat KotaTahuku

Merasa Blog ini bermanfaat ? Dukung blog ini dengan sedikit donasi dari anda..

Mungkin Yang Anda Cari

Avail Bisnis

Obrolan Santai


RecycleBlog