Pecel Punten

Sebenarnya Pecel punten Bukan makanan khas kota kediri, Namun Warung yang menjual Pecel punten inilah yang mempunyai ciri khas tersendiri, lain halnya dengan Pecel dan tumpang, memang telah melekat bagi warga Kediri. Pagi, siang, bahkan malam, pecel selalu dicari dan dinanti para penikmatnya. Panganan dari berbagai sayuran dan siraman bumbu pecel ini biasanya dimakan dengan nasi dan rempeyek. Plus berbagai lauk-pauk.

Trus Apa sich Pecel punten itu ? Punten merupakan panganan sejenis jadah. Terbuat dari beras dan kelapa. Kalau pecelnya gak ada perbedaan dengan pecel pada umumnya. Hanya saja tidak memakai nasi, Melainkan diganti punten dan kerupuk pasir.


Pecel punten kreasi Sumiati ini memang istimewa. Karena, panganan ini masih jarang ditemui. “Paduan pecel dengan punten ini memang belum banyak yang jual,” terangnya. Apalagi rasanya juga mantap. Sayuran untuk pecelnya adalah kangkung, bayem, kenikir, kembang turi, kecipir, kacang, dan kecambah. “Kadang sayurnya digilir juga, karena nggak setiap hari ada,” lanjut perempuan berusia 43 tahun ini.

Semua bahan dimasak sendiri oleh Sumiati, dibantu dengan pegawainya. Baik punten dan sambel pecel. “Sambel pecel sama saja bahannya dengan yang lain, tapi lebih berani bumbu,” ujar ibu tiga anak ini. Ini yang membuat rasa sambel pecelnya sedap dan nikmat.

Ide Sumiati yang asli Blitar ini berawal saat merawat ibu mertuanya yang sakit darah tinggi dan kencing manis. Karena, tak boleh mengkonsumsi nasi, dia pun mengganti nasi dengan punten. Ternyata hal itu bisa membantu menyembuhkan sang ibu.

"Matur suwun, mbenjeng mriki maleh nggih!" ( artinya: Terimakasih, besok kesini lagi ya) seru keluarga Sumiati kepada setiap pembeli sembari tersenyum. Kata-kata inilah yang kini menjadi ciri khas warung pecel punten ibu sumiarti.

Lha terus lokasinya dimana.....? kok dari tadi nyrocos terus...:siul: iya..ya.. Lokasinya deket kok... yaitu sebelah rumah mertua aku...:mumet: Aduchh penulisnya ini mbuletisasi... Rumah mertuamu tu mana ??!!!??
:sorry: iya tak kasih tahu...Tempatnya pabrik gula Pesantren Baru ketimur sampai terminal bayangan Tempurejo, dari terminal ini masih ketimur kira2 700m pokoknya kalau ada agen jamu tradisional Putri Gunung Jati, Pas sebelah timurnya. nah kalo Agen Putri Gunung Jati itu rumah mertua aku..Hayo siapa yang butuh Jamu Putri Gunung Jati klik disini Hallah kok jadi jualan jamu...
Bagi yang senggah di kediri rugi kalo gak dicoba...Buka dari jam 09.00-16.00 WB (kalo weekend lebih awal tutupnya, coz suka udah habis sebelum jam 4 sore). Mampir yakkk!!


Baca Juga Artikel menarik di bawah ini :

2 comments to "Pecel Punten"

  • wah jadi pengen nyobain nih. aku asli kediri, tapi kok nggak pernah dengar ada pecel punten ya..
    hehe..
    di tunggu info menarik lainnya soal kediri.
    salam kenal ya..

  • wah...wah... jadi pengen makan pecel tumpang nich Aya na... dah lama gak mudik nich...

    tx dah d postingin apalagi ada foto nya...
    yummy...

Post a Comment

Donasi buat KotaTahuku

Merasa Blog ini bermanfaat ? Dukung blog ini dengan sedikit donasi dari anda..

Mungkin Yang Anda Cari

Avail Bisnis

Obrolan Santai


RecycleBlog