Serba-serbi Pilpres Kota Tahu

Setiap kali pemilu di Kota Tahu selalu ada Golput dan tampil unik. Termasuk pada saat Pilpres Kemaren. di Kota Tahu Kediri ada 2 TPS unik dan 1 TPS Golput yang unik, Seperti TPS-02 kelurahan Setono Pandhe Kecamatan kota, Kalau kemaren kita datang ke tps-05 kita seperti diundang untuk hajatan, selain tenda yang berwarna biru, para petugasnya berdandan pakaian adat jawa dan di iringi alunan gending jawa.

Tidak ketinggalan pula ubo rampe yang berada di bagian depan digantung pisang satu tandan, padi dan buah kelapa persis acara kemanten adat jawa. Bahkan sambutan petugas kepada para warga yang hendak mencontreng juga menggunakan logat manten, "Sugeng rawuh poro sederek sedoyo" kalau istilah indonesianya yaitu "selamat datang para saudara sekalian"

Masih adalagi yaitu Minunam KPPS bukan air mineral atau minuman lain, melainkan air masak yang dimasukkan kedalam kendi, trus mejanyapun berhiaskan aneka macam sayur mayur. Kata ketua KPPS Ari budin, 43. konsep ini diambil bertujuan agar para pemilih tidak merasa bosan dengan tampilan TPS yang itu-itu saja. Mereka melakukan ini dengan sukarela dan biayanya pun sesuai dengan yang diberikan oleh KPU.

Yang lebih menggelitik lagi adalah saat petugas memangging calon pemilih dengan sebutan Kanjeng reden untuk bapak-bapak, kanjeng ayu untuk ibu-ibu dan den bagus / den ayu untuk remaja putra/putri.

Lain lagi suasana yang ditampilkan di TPS-04 kelurahan Ngampel kecamatan Mojorotoya, konsep di tps ini tidak kalah menarik, yaitu begitu pemilih masuk langsung disuguhi ayam jantan yang bertuliskan "Ini Jagomu". Ternyata ayam jagu tersebut adalah doorprice yang akan diberikan kepada pemilih yang beruntung mendapatkan undian, bila sewaktu undian pemilih tidak ada maka dilakukan pengundian ulang.

selain doorprice para petugasnya berdandan ala punakawan (Semar,Gareng,Petruk,Bagong) kecuali petugas perempuan dan petugas keamanan. Pengadaan undian doorprice ini ternyata berjuan untuk mengurangi jumlah Golput seperti yang dikatakan Zainal salah satu anggota KPPS.

Kalau yang satu ini gak perlu ditiru, terjadi di TPS-02 Lirboy, dari sekian banyak pemilih ternyata ada yang sangat nge-fans mantan Presiden Gus Dur, dia tidak memilih Capres yang telah di tetapkan KPU, dia malah menempelkan foto Gus Dur pada foto Capres. Kontan saja petugas KPPs terkejut melihatnya... dan bilang Koq ya ada yang berbuat seperti ini, Petugas KPPS sama sekali tidak menduga kalau masih ada yang nekat berbuat seperti itu, yang sampai sekarang ini identitas penempel belum diketahui.


Yach itulah warga kediri yang mempunyai beraneka ragam corak dan budaya, yang penting bagiku kota tahu ku ini Aman dan Damai....



Baca Juga Artikel menarik di bawah ini :

2 comments to "Serba-serbi Pilpres Kota Tahu"

Post a Comment

Donasi buat KotaTahuku

Merasa Blog ini bermanfaat ? Dukung blog ini dengan sedikit donasi dari anda..

Mungkin Yang Anda Cari

Avail Bisnis

Obrolan Santai


RecycleBlog